Info Lain

Program Studi Ahwal Asyakhshiyyah

Diperbaharui tanggal: 29 Desember 2016

 Dr. NUR HASAN, M.Ed.

(Ka.Prodi. Ahwal al Syakhshiyyah)

 

Program Studi Ahwal al Syahshiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang diselenggarakan sejak bulan 23 oktober 1987 dengan mendapatkan ijin penyelenggaran berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kopertais Wil. IV Surabaya dengan SK No. 354/K/F-9/P/87. Dalam perkembangannya selama ini program studi ahwal al syahshiyyah telah memperoleh status Terakreditasi berdasarkan SK BAN Perguruan Tinggi No.019/BAN-PT/Ak-IV/VIII/2000.

Program Studi S-1 Ahwal al Syahshiyyah dipimpin oleh Ketua program Studi yang dibantu oleh Sekretaris Program Studi S-1 dan staf administrasi untuk kegiatan-kegiatan administrasi proses belajar mengajar, akademik, administrasi umum, laboran, dan lain-lain. Penetapan visi, misi, sasaran dan tujuan program studi S-1 Ahwal al Syahshiyyah dikembangkan dari visi, misi, sasaran dan tujuan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang.

Adapun VISI Program Studi S-1 Ahwal al Syahshiyyah adalah terwujudnya Program Studi yang menghasilkan Sarjana Hukum Islam yang berorientasi masa depan untuk kemaslahatan umat dengan dilandasi aqidah Islam Ahlussunnah Waljama’ah an Nahdliyah.

Guna mencapai visi tersebut, Program Studi S-1 Ahwal al Syahshiyyah (AS) mempunyai MISI untuk; a) Menyelenggarakan pendidikan sarjana strata satu hukum Islam (hukum keluarga) secara aktif, efektif, inovatif, adaptif, kreatif, menyenangkan sesuai ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah an Nahdliyah, b) Mengkaji dan menyembangkan ilmu hukum Islam selaras ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah an Nahdliyah, c) Menyebarluaskan dan menerapkan hasil pengkajian dan pengembangan Ilmu Hukum Islam yang sesuai ajaran Islam Ahlusunnah wal Jamaah an Nahdliyah, d) Mengembangkan manajemen internal prodi AS.