Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Dr. FITA MUSTAFIDA, M.Pd

(Ka.Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah)

Program Studi (Prodi) PGMI merupakan bagian yang tidak terpisahkan  dari Fakultas Agama Islam (FAI) dan Universitas Islam Malang (Unisma). Secara hirarkis visi, misi yang ada di Prodi PGMI  mengacu pada visi, misi, tujuan, sasaran FAI dan Unisma. Oleh karena itu dalam penyusunan Prodi PGMI, maka perlu dibentuk Tim yang bertugas merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PGMI  agar rumusannya sejalan dengan apa yang ada di Fakultas Agama Islam dan Universitas Islam Malang.

Tim Prodi PGMI  yang dikoordinasi oleh Ketua Prodi PGMI  membuat rancangan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PGMI  yang telah dibuat, kemudian disosialisasikan kepada seluruh dosen Prodi PGMI  melalui rapat Prodi PGMI  guna mendapatkan masukan-masukan untuk kesempurnaan rancangan yang telah dibuat.

Untuk menyempurnakan rancangan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PGMI, kemudian rancangan tersebut disosialisasikan kepada seluruh dosen Prodi PGMI, mahasiswa, stakeholders (guru-guru  SMP/SMU, praktisi pendidikan SMP/SMU, pejabat diknas, dan orangtua/wali mahasiswa) dan Alumni melalui seminar guna mendapatkan saran, masukan, dan kritik untuk penyempurnaan rancangan. Rancangan akhir visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PGMI  yang telah disempurnakan tersebut kemudian diserahkan kepada Fakultas guna memperoleh pengesahan dan legalitas.

Visi Program Studi PGMI Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang adalah menjadi program studi yang menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, unggul pada tahun 2022 dan kompetitif di bidang Ipteks, beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah berdasarkan ajaran Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
Dalam upaya mewujudkan visi program studi tersebut, misi Program Studi PGMI  FAI Unisma adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Guru MI yang dinamis, efektif, dan efisien berbasis teknologi dan manajemen modern sesuai standar pendidikan nasional.
  2. Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, ilmu kependidikan dan ipteks dalam proses pembelajaran yang mendidik secara aktif, efektif, inovatif, adaptif, kreatif, menyenangkan dan berkesinambungan dengan didukung oleh teknologi, sarana dan prasarana yang memadai dilandasi akhlakul karimah
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian secara periodik guna mendukung peningkatan kompetensi kepribadian, paedagogik, profesional dan sosial bagi dosen dan mahasiswa.
  4. Melaksanakan pengabdian dalam bentuk pengembangan madrasah   ibtidaiyah dan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan.
  5. Menerapkan dan menyebarluaskan ajaran Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Tujuan Program Studi PGMI  adalah menghasilkan:

  • Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berkualitas.
  • Lulusan yang memiliki wawasan keagamaan dan kependidikan yang berlandaskan akhlakul karimah.
  • Lulusan yang mampu, menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara tepat guna sesuai dengan profesinya.
  • Lulusan yang memiliki kepedulian dan keterampilan terhadap pengembangan madrasah dan pemberdayaan masyarakat.
  • Lulusan yang memiliki pemikiran, sikap, dan kepribadian Ahlus Sunah Wal Jama’ah.

Berikut adalah SK Awal penyelenggaraan Program Studi PGMI:

Download DISINI