Informasi

FAI Unisma Malang Jalin Kerjasama Melalui KKN-PPL Internasional di Thailand

Senin, 02 Maret 2020 - 09:59 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Fakultas

24/2/2020, Dalam rangka mewujudkan visi Rektor, menjadi world class university, Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang telah menjalin dan melaksanakan MoA (memorandum of Agreement) antara FAI dengan berbagai sekolah di wilayah Songkhla Thailand. Sekolah yang terlibat perjanjian kerja sama diantaranya adalah; Singhanakhon an nusron wittaya school, Rasmiannusron school, Ittishom wittaya school, Rungrote foundation school dan chariyatam foundation school.


Setelah kegiatan KKN international batch 1 dilaksanakan disekolah sekolah tersebut, mereka berharap unisma bisa 2 kali setahun mengirimkan mahasiswa nya ke Thailand, yakni antara bulan Juni-September dan November-February. Appresiasi yang begitu mendalam dan bangga diberikan sekolah tersebut atas kemampuan mahasiswa FAI unisma. Mereka berharap agar kerja sama ini terus berlanjut di tahun tahun berikutnya.


FAI Unisma selain menjalin kerjasama dengan lembaga sekolah-sekolah di Thailand juga berkesempatan untuk menjalin kerjasama dengan The Central Islamic Concil of Thailand (CICOT), Syaikhul Islam Thailand.
Secara khusus Rombongan dari FAI Unisma diterima secara langsung oleh Kepala CICOT Mr. Surim Palarae. CICOT sendiri merupakan sebuah lembaga yang menaungi segala aktivitas keislaman di Thailand semacam MUI-nya Indonesia, sedangkan Syaikhul islam adalah Imam keagamaan Islam di Thailand yang dipimpin Mr. Aziz Pitakumpul sebagai Ketua Syaikhul islam.


Dian Mohammad Hakim, M.Pd.I selaku Pimpinan rombongan dari FAI Unisma meyebutkan bahwa dalam kesempatan tersebut keduanya membahas isu - isu kontenporer terkait masalah Pendidikan Islam, Makanan Halal, Pernikahan, Zakat dan Wakaf Serta Hukum Islam. Lebih lanjut, Dian menyampaikan bahwa CICOT memberikan kesempatan kurang bagi mahasiswa yang akan melakukan magang disana selama 4 bulan setiap tahunnya.
“Besar harapan dari CICOT bahwa mahasiswa Unisma bisa mendakwakan islam yang santun ,toleran, dan moderat kepada penduduk Thailand secara umum,” terangnya.
Keseriusan CICOT ditunjukkan dengan rencana mereka untuk berkunjung langsung ke kampus Unisma Malang pada 26-28 Maret mendatang. Agenda kunjungan untuk membahas isu isu terkini yang berhubungan dengan Islam baik di Indonesia maupun di Thailand