Informasi

Catatan Kecil dari Penang Malaysia (1)

Senin, 05 Agustus 2019 - 09:45 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Kemahasiswaan

PPL Luar Negeri itu Menyenangkan

Mengajar itu bagian dari output alumni Pendidikan Agama Islam. Saya salah satu peserta PPL Luar Negeri Fakultas Agama Islam Universitas Islam malang. Kami melakukan kegiatan hari kedua KKN di malaysia di pulau penang tepatnya, di Jl. Rajawali dekat dengan madrasah uthmaniah, kegiatan dimulai dari pukul 07:30 hingga pukul 16:30, kegiatan disini sangat padat. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 31juli hingga 09 agustus. Kegiatan belajar mengajar yang kami lakukan adalah mengajar kelas Sekolah Rendah (SERI), di Indonesia setara dengan sekolah dasar. Sekolah yang kami ajar terbilang maju, di karenakan kegiatan sekolah disini sangat teratur dan padat. Tetapi jika kita terapkan dalam kehidupan kita semua memiliki manfaat tersendiri.

Selepas kami pulang kegiatan yang kami lakukan adalah masak bersama dan belajar bersama. hari ini kami menggunakan seragam batik bersamaan, kami bangga mengenakan baju batik indonesia dengan corak beragam dan indah. Suasana disini diselimuti dengan awan mendung dan hujan tetapi tidak sedikitpun mengurangi rasa semangat kami mengajar, sesampainya kami di Madrasah Uthmaniah kami melakukan kegiatan kami masing-masing ada yang mengajar Al-quran, bahasa arab, dan lain-lain.

Bagaimana keadaan sekolah disini, sekolah disini sangat baik karena sekolah disini mengajarkan bahwa setiap ilmu yang didapatkan harus merujuk ke al-quran, karena setiap ilmu itu bersumber dari al-quran, pembelajaran disini sangat disiplin suasana belajar sangat diperhatikan, karena bertujuan agar tercapainya keberhasilan belajar, di sekolah ini memiliki nama untuk setiap kelas ada kelas, melur dan orchid. Setiap kelas memiliki perbedaan dan memiliki metode yang berbeda dalam penyampaikan setiap materi, karena setiap individu memiliki tingkat pemahaman yang berbeda.

Siapa saja yang melakukan kegiatan ini adalah aku dan rekanku, kami melakukan setiap kegiatan dengan kompak, setiap hal yang kami lakukan selalu bersamaan, dari masak bersama, dan mandi secara bergantian, bahkan tidurpun kita lakukan dengan bersamaan.

Kenapa kami melakukan kegiatan ini, dikarenakan untuk memenuhi tugas semester akhir dan untuk mengetahui bagaimana cara mengajar dan menghadapi setiap ragam sifat individu setiap siswa, agar mengetahui bagaimana cara mengjar agar tercapainya keberhasilan belajar mengajar, mengetahui tata cara belajar mengajar yang benar, mengetahui bagaimana cara menyampaikan materi agar siswa mampu memahami pelajaran, intinya dari kegiatan ini kami ingin memiliki pengalaman mengajar agar mempermudah kami terjun kedunia hidup bermasyarakat. (Red/Nurhikmah)