Informasi

Kursus Mahir Tingkat Dasar Pramuka Mahasiswa PPL FAI

Kamis, 01 Agustus 2019 - 08:29 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Fakultas

Malang, 31/7/2019. Fakultas Agama Islam Unisma bekerjasama dengan UKM Pramuka Unisma serta Tim Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang menyelenggarakan Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) Pramuka bagi mahasiswa PPL FAI Unisma. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Oesman Mansur Unisma dan dihadiri oleh Dekan FAI Unisma Drs. H Anwar Sa`dullah M.PdI, para Wakil Dekan, Pengurus Kwarcab Kabupaten Malang, Para Ketua Prodi, Dosen serta Mahasiswa peserta pramuka. Kegiatan KMD ini diikuti oleh 107 Peserta dan akan dilaksanakan selama 5 hari mulai hari Rabu-Minggu, tanggal 31 Juli s/d 4 Agustus 2019. 3 hari dilakukan secara Indoor dan 2 hari berikutnya secara Outdoor dimulai setiap pukul 07.00 sampai pukul 22.00 WIB

Bapak Dekan FAI Unisma Drs.H Anwar Sa`dullah M.Pd mengamanatkan bahwa kegiatan KMD merupakan keharusan bagi guru dan calon guru. Sesuai dengan Kurikulum 2013 dengan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka bagi siswa. Maka guru harus menjadi pembina pramuka di sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dan pendidikan. Maka tujuan adanya kegiatan pramuka adalah untuk mendidik anak bangsa agar berkarakter Islam aswaja dan cinta tanah air. Berhadapan dengan permasalahan global saat ini maka mempersiapkan generasi bangsa yang bertaqwa dan cinta tanah air agar tidak tergilas bencana zaman. Dengan karakter diharapkan mahasiswa mampu menjadi manusia khairun nnas anfauhum linnas.

Setelah menyanyikan Satya Pramuka bersama sama, Ketua Kwarcab sekaligus Pusdik Pramuka Tingkat Kabupaten "Kak Mamit" memperkenalkan anggota pengurus Kwarcab Pramuka Tingkat Kabupaten. Kak Mamit menjelaskan bahwa para pelatih tingkat kabupaten akan membina pramuka kepada peserta PPL FAI Unisma. Para calon guru harus mempunyai keterampilan kepramukaan karena sudah menjadi program pendidikan karakter nasional. Beliau akan membagi anggota kwarcab untuk mendampingi peserta pelatihan. Walaupun mempunyai kegiatan pendidikan pelatih akan menyempatkan untuk mendampingi pelatihan KMD. Kami berterima kasih dapat bekerja sama dengan FAI Unisma untuk menyelenggarakan KMD, tutur beliau.

Dokumentasi kegiatan acara tersebut dapat dilihat di galery foto.