Informasi

Pameran Seni Rupa Kolase & Mozaik - PGMI

Jumat, 26 Juli 2019 - 13:10 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Kemahasiswaan

Malang, 25/7/2019. Pameran seni rupa bertema “Eksplorasi Barang Bekas” dengan tajuk Nuansa Ragam Bunga dalam Visualisasi Ekspresi (dalam teknik colage dan mozaik). Mahasiswa memamerkan 31 karya yang seluruh karya tersebut bernuansa bunga. Masing-masing karya ini dibuat dari berbagai macam barang bekas seperti kerupuk yang sudah tidak layak dimakan, bahan dapur, botol bekas, kantong plastik bekas, sedotan, biji-bijian, cotton buds, ranting dan daun yang sudah kering dan barang-barang bekas lainnya. Dengan menggunakan barang-barang bekas ini, bertujuan agar barang yang sudah tak terpakai bisa menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai seni tinggi.

Pameran ini di gelar pada Kamis, 25 Juli 2019 oleh mahasiswa PGMI angkatan 2017 kelas B. Kegiatan ini dilaksanakan guna memenuhi tugas Ujian Akhir Semester 4 mata kuliah Pendidikan Seni Rupa SD/MI yang diampu oleh bapak Zuhkhriyan Zakaria M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada Gazebo depan KB/TK Al-Fadholi Jalan Mertojoyo blok S No 9 Pondok Pesantren Darul Ulum Al Fadholi Merjosari, Lowokwaru, Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. Pameran ini dihadiri oleh Ibu Fitri selaku Kepala Sekolah KB/TK Al-Fadholi, para dewan guru, murid dan wali murid. Bertepatan pula dengan adanya rapat komite sekolah.

Ibu Kepala Sekolah KB/TK Al-Fadholi sangat mengapresiasi hasil karya dari mahasiswa PGMI B 2017. Beliau menyampaikan “Sangat bagus sekali pameran yang diselenggarakan, para mahasiswa mampu mengolah barang bekas sehingga menjadi karya yang sangat bagus. Para murid dari TK/KB ini juga sering membuat karya seperti ini akan tetapi hanya dibuat untuk karya individu saja belum untuk dijadikan pameran. Sehingga karya-karya dari mahasiswa PGMI ini bisa saya jadikan referensi untuk anak-anak pada saat membuat karya lainnya.”

Para murid dipandu oleh ibu guru dari masing-masing kelas untuk bergiliran melihat pameran dari mahasiswa PGMI B ini. Ibu guru juga menjelaskan beberapa bahan-bahan dari karya yang ada di dalam pameran ini. Para murid juga sangat antusias dalam melihat pameran ini, mereka menanyakan bahan-bahan apa yang dibuat dalam karya-karya dalam pameran dan bagaimana cara membuatnya. Begitu pula dengan para wali murid juga banyak yang melihat pameran dari mahasiswa PGMI B ini. Sama dengan para murid, para wali murid juga menanyakan bahan dan bagaimana proses pembuatan karya-karya tersebut. Beberapa dari mahasiswa PGMI B ini menjelaskan mengenai barang dan cara pembuatan dari karya-karya yang ada di pamerean. Salah satu wali murid menyampaikan “Karyanya bagus sekali, saya jadi terinspirasi untuk membuat karya dari barang bekas supaya barang bekas yang ada di rumah saya bisa menjadi karya seperti ini dan nantinya bisa saya buat untuk pajangan di rumah”. Bahkan para wali murid juga semangat untuk berfoto dengan karya-karya yang ada di pameran ini.

Zilda Ba`da Mawlyda perwakilan dari mahasiswa PGMI B 2017 sangat senang acara pameran yang dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak KB/TK Al-Fadholi, wali murid, siswa dan PP. Darul Ulum Al Fadholi. Pameran ini juga dapat memberikan inspirasi bagi semua pihak untuk dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar sehingga dapat menjadi karya yang memiliki nilai seni.

Pameran ini diakhiri dengan memberikan penghargaan berupa sertifikat yang diberikan langsung oleh Pak Zuh kepada Ibu Fitri Selaku Kepala sekolah KB/TK Al-Fadholi dan kepada santri selaku perwakilan dari PP. Darul Ulum Al-Fadholi.