Informasi

Wisata Publikasi FAI 2018

Selasa, 27 Februari 2018 - 10:30 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Fakultas

Malang 13/2/2018 - Seluruh dosen dan karyawan Fakultas Agama Islam (FAI) melakukan wisata publikasi dengan tema Journey of Service Learning sebagai salah satu bentuk ikhtiar FAI dalam mengembangkan eksistensinya, selain untuk penguatan institusi lewat jejaring kerjasama. Kegiatan Publikasi ini dilaksanakan di empat tempat meliputi Gresik, Lamongan, Tuban dan Rembang.

GRESIK

Mengawali kegiatan publikasi yang pertama bertempat di Madrasah Aliyah Nurul Huda Wadeng Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Rombongan FAI disambut langsung Yayasan Perkumpulan Nahdlatul Ulama dan seluruh guru MA Nurul Huda dilanjut dengan penampilan grup Banjari MA Nurul Huda.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah Azizwatin Athiyah, S.S sangat senang dengan kedatangan tamu dari Unisma “Selamat datang di Madrasah Nurul Huda, terima kasih saya ucapkan kepada rombongan FAI Unisma yang jauh-jauh dari Malang untuk datang ke madrasah kami” tutur bu Azizwatin Athiyah.

“Biasanya yang datang itu mahasiswa alumni dari Madrasah Nurul Huda untuk publikasi kampus, hari ini saya bersyukur. Bukan mahasiswa yang datang melainkan dosen langsung yang datang ke tempat kami, dan lebih-lebih ada simulasi pembelajaran berbasis multimedia sebagai wujud peningkatan skill guru dalam mengajar”. Tambah Kepala Madrasah Nurul Hudan yang juga pernah mengambil pendidikan Akta IV di FKIP Universitas Islam Malang.

Madrasah Aliyah Nurul Huda berada di bawah naungan Perkumpulan Nahdlatul Ulama ini memiliki siswa lembaga pendidikan TK-MI-MTs dan Aliyah.

Dekan FAI Unisma Drs. Anwar Sa`dullah M.Pd.I menyampaikan tujuannya datang bersama rombongan;  pertama untuk menjalin silaturahim.  Kedua, publikasi tentang jurusan Pendidikan Agama Islam, Akhwalus Sakhsiyah, Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.  Ketiga, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia.

Dekan FAI juga menyampaikan kepada siswa bahwa tidak usah berkecil hati di sekolah swasta, karena semua mempunyai kesempatan yang sama dalam berpresasi tinggal bagaimana meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. “terus tingkatan kreativitas,UNISMA mampu sedemikian maju karena terus meningkatkan mutu dan kinerja” terang Drs. Anwar Sa`dullah, M.Pd.I.

Acara dilanjut dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang dengan Madrasah Aliyah Nurul Huda Sidayu Gresik.

Untuk sosialisasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia dipandu oleh Dian Muhammad Hakim, M.Pd.I. Siswa berjumlah 120 sangat antusias mengikuti pembelarajan berbasis multimedia. Di akhir pembelajaran terdapat kuis dengan memilih jawaban yang sudah disediakan. Siswa hanya diberi waktu 5 menit untuk menyelesaikannya.

“saya sangat senang sekali dengan model pembelajaran seperti ini, tidak ngantuk” ucap Fitrah kelas XII.

Kegiatan wisata publikasi dengan tema Journey of Service Learning selanjutnya bertempat di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Wathon Campurejo Panceng Gresik. Acara dimulai pukul 12.30 WIB.

Kepala Madrasah Aliyah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi motivasi bagi siswa kami untuk melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya “Saya berharap acara ini mampu memberikan cita-cita untuk lanjut keperguruan tinggi. Hal ini diperlukan karena mengingat persaingan kehidupan dunia yang semakin kompetitif.”

“Bila rakyat Indonesia sedikit yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan, maka akan tertinggal oleh luar negeri yang sudah tinggi jenjang pendidikannya. “Tambahnya.

Dihadapan 100 siswa dan 10 Guru, Drs. H. Anwar Sa`dulllah M.PdI menyampaikan terima kasih telah diterima dengan baik untuk mengadakan sosialisasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia. Dekan FAI berharap kedepan pasca MoU bisa saling silaturahim, dengan bentuk pendampingan lembaga pendidikan atau pengiriman mahasiswa untuk melakukan Praktek Pekerjaan Lapangan di Madrasah ini. “Komunikasi antar dua institusi tidak hanya berhenti disini, kedepan dosen FAI akan memberikan pendampingan pada lembaga Madrasah Aliyah Tarbiyatul Wathon.” Ucap Dekan FAI.

Disamping itu Dekan FAI juga memberikan motivasi kepada siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu kuliah.”Tantangan kedepan sangat beragam, kalian sebagai siswa harus memiliki cita-cita yang tinggi untuk ikut serta dalam mengisi kemerdekaan”. Imbuhnya.

Acara kemudian dilanjut dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang dengan Madrasah Aliyah Tarbiyatul Wathon Panceng Gresik. MoU ini berisi tentang peningkatan Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan pendidikan yang unggul.

Wisata publikasi ini tidak hanya mempromosikan tentang Fakultas Agama Islam tetapi juga diadakannya sosialiasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia. Di akhir acara salah satu dosen FAI memberikan sosialiasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia. Sebelum itu ia memberikan motivasi kepada siswa untuk tidak pernah putus asa.”Kalian adalah ciptaan Allah paling sempurna diantara makhluk lain. Gunakan masa mudamu untuk gagal. Kegagalan adalah jalan untuk menuju kesuksesan” terang Yoyok Amirudin, M.Pd.I.

Dalam pembelajaran berbasis multimedia nampak siswa sangat antusias. Begitu pula dari guru-gurunya.  Pembelajaran berbasis multimedia ini salah satu dari sekian aplikasi ketika mengajar di kelas. Tujuannya simulasi ini adalah tidak lain berbagi model pembelajaran kepada guru-guru.

Setelah pembelajaran berlangsung Yoyok memberikan pertanyaan kepada siswa. “Berapa jumlah fakultas yang ada di Unisma dan sebutkan!” seketika siswa langsung membuka buku profil Unisma dan menjawab kedepan.

LAMONGAN

Lamongan, 13/2/2018- Rombongan dosen dan karyawan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang menuju ketempat Madrasah Aliyah Mazraatul Ulum Paciran Lamongan. Madrasah yang lokasinya di dataran tinggi, sehingga nampak pemandangan laut dan bukit yang bagus. Sejumlah 200 santri sangat antusias mengikuti sosialisasi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia.  

Kepala Madrasah Mazraatul Ulum H. Farihi, S.Pd, M.Pd. menyatakan terima kasih banyak atas kunjungan dosen Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. “Terima kasih saya sampaikan atas kunjungannya ke madrasah Mazraatul Ulum, ini sebuah kebanggan tersendiri bagi lembaga kami. Yang tahun lalu kami bisa berkunjung ke Unisma. Alhamdulillah sekarang unisma berkunjung ke tempat kami”. Tutur Farihi.

“Banyak santri kami yang melanjutkan ke Universitas Islam Malang, semoga tahun ini ada yang melanjutkan ke Fakultas Agama Islam” tambahnya.

Drs. H. Anwar Sa`dullah M,Pd.I selaku dekan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang merasa senang bisa silaturahim di Madrasah Aliyah Mazraatul Ulum yang terkenal dengan para juara santrinya, baik level provinsi maupun nasional. Dekan FAI mengatakan di unisma ada beasiswa juara siapapun bisa mengikutinya.”Jika di antara kalian ada yang juara MTQ, pencak silat, olahraga, dan sebagainya ikutlah beasiswa di Universitas Islam Malang.” Kata Drs. Anwar Sa`dullah M,Pd.I.

“Kalian harus memiliki cita-cita yang tinggi, jangan hanya berhenti di Madrasah Aliyah. Lanjutkan tongkat estafet kejenjang perkuliahan. Persaingan kedepan semakin kompleks, kalau kita tidak bisa bersaing maka kita akan tertinggal. Dengan pendidikanlah bangsa Indonesia akan maju” imbuhnya.

Acara dilanjut dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak Fakultas Agama Islam Unisma dengan Madrasah Aliyah Mazraatul Ulum Paciran Lamongan yang disaksikan oleh Pengurus Nahdlatul Ulama Paciran. MoU ini tentang kesepahaman bersama dalam bidang pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia.

Kunjungan ini tidak hanya memperkenalkan Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang, tetapi juga simulasi pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran berbasis multimedia ini dipandu oleh Imam Syafii, M.Pd.I. Mengawali pembelajaran Imam mengajak satri untuk bermain tepuk. Nampak seluruh santri semangat untuk mengikutinya. Pembelajaran berbasis multimedia dengan tema sumber hukum Islam sangat membantu santri ketika belajar. Karena santri hanya memilih panduan yang telah disediakan oleh guru.

Acara berakhir dengan kuis yang diberikan oleh Imam. Setiap santri yang bisa menjawab kuis mendapatkan hadiah buku. Tak lupa untuk mengabadikan moment dengan foto bersama.

TUBAN

Tuban, 14/2/2018 -Wisata publikasi yang dilakukan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang berlansung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 13-15 Februari 2018. Pada hari kedua seluruh dosen dan karyawan FAI berkunjung ke Madrasah Aliyah Manbail Futuh di Beji Jenu Tuban. Kedatangan rombongan dari FAI disambut siswa dan guru Manbail Futuh.

Madrasah Aliyah Manbail Futuh dibawah naungan Nahdaltul Ulama, sebagaimana yang telah disampaikan kepala madrasah saat sambutan “Manbail Futuh dibawah naungan Nahdlatul Ulama`. Satu visi dengan UNISMA.”

“Hampir 90% siswa kami berasal dari pondok pesantren di sekitar madrasah Banyak siswa kami yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan, semoga kedepan ada siswa kami yangmelanjutkan ke Fakultas Agama Islam UNISMA” tambahnya.

Manbail futuh memiliki misi mencetak generasi berotak London berhati Makkah “Sesuai dengan maqolah dari KH. Romli Rejoso Jombang  Madrasah Aliyah Manbail Futuh mencetak generasi berotak London dan berhati Makkah”

Dekan Fai dalam sambutannya mengatakan bahwa UNISMA  adalah kampus Nahdlatul Ulama begitu juga Madrasah Aliyah Manbail Futuh “Slogan UNISMA adalah dari NU untuk Indonesia dan peradaban dunia, satu visi ini maka Madrasah Aliyah Manbail Futuh dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia” kata Dekan.

Dekan FAI juga berpesan kepada 150 siswa kelas XII Manbail Futuh terkait maraknya tindakan anarkisme yang dilakukan siswa kepada guru. “Kemarin dunia pendidikan digemparkan dengan meninggalnya guru seni bernama Budi, ia meninggal di tangan muridnya sendiri. Karakter takdzim dan menghormati kepada guru harus selalu dinomorsatukan.” Pesan Dekan FAI.

Dalam kesempatan ini Fakultas Agama Islam UNISMA dan Madrasah Aliyah Manbail Futuh Jenu Tuban melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding tentang pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia. Selepas itu keduanya saling tukar cinderemata sebagai bentuk silaturahim dan tidak lupa foto bersama.

Setelah penandatangan MoU antara kedua belah pihak, diadakan sosialisi dan simulasi pembelajaran berbasis multimedia. Pengisi materi di Madrasah Aliyah Manbail Futuh adalah Muh. Fahmi Hidayatullah, M.PdI. Ia menjelaskan sumber hukum islam dengan aplikasi yang sudah disiapkan oleh FAI UNISMA. Dengan kemajuan teknologi yang semakin kompleks diperlukan media pembelajaran yang membuat siswa senang dan nyaman ketika belajar.

Ditengah pembelajaran, Fahmi bertanya kepada siswa.”Berapa jurusan yang dimiliki oleh Fakultas Agama Islam UNISMA?” tanya Fahmi disahut dengan acungan tangan para siswa. Siswa bernama Fitri maju dan menjawab” FAI memiliki 4 jurusan, yaitu Pendidikan Agama Islam, Ahwalus Sakhsiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah” Jawab Fitri kemudian mendapat hadiah dari FAI.

NB:

Dokumentasi kegiatan wisata publikasi dapat dilihat di galery website FAI