Informasi

DIES FAI-55, Bhakti Sosial-Pengobatan Gratis

Senin, 29 Januari 2018 - 11:38 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Fakultas

Malang, (28/1/2018). Dalam rangka Dies Natalis ke-55 Fakultas Agama Islam mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis, pengajian umum serta pemberian bantuan dana pembangunan dengan tema Berbagi dan Mengabdi untuk Negeri yang bertempat di Pondok Pesantren Jabal Rohmah Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Kegiatan ini bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran, IPNU-IPPNU Kec. Gedangan, Laskar Jabal Rohmah, GP Ansor Kec. Gedangan dan NU Kec. Gedangan. Dana baksos ini didapat dari sumbangan seluruh dosen Fakultas Agama Islam UNISMA.

Dengan tenaga 4 dokter dan Mahasiswa Kedokteran dari UNISMA yang dipimpin dr. Arif Yahya, M.Kes. pengobatan gratis yang diikuti ± 500 warga Sindurejo dimulai pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai pukul 14.00 WIB. dr. Arif terkejut dengan antusias warga yang begitu besar di daerah Sindurejo. “Melihat antusias warga sini untuk berobat saya sangat gembira, ke depan ini akan menjadi program pengabdian bagi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang” ungkap dr. Arif.

Ditempat terpisah tidak jauh dari pengobatan gratis 500 warga Sindurejo dengan hikmat warga mengikuti pengajian umum yang diawali dengan pembacaan sholawat oleh Santri Ponpes Jabal Rohmah. Mengawali rangkaian sambutan-sambutan, Kepala desa Sindurejo Nasuki dalam sambutannya berharap kegiatan bakti sosial ini bisa dilakukan tiap tahun.”Dengan acara seperti ini, saya berharap ke depan bisa di adakan lagi setiap tahun dari FAI UNISMA, bahkan kalau bisa dua kali dalam setahun” kata Nasuki selaku PJS Kepala Desa Sindurejo.

Wakil pengasuh Ustadz Nur Wasis sangat gembira dengan adanya kegiatan baksos berupa pengobatan gratis dan pengajian umum di Desa Sindurejo. “Saya gembira dengan kegiatan ini dan terima kasih kepada FAI UNISMA. Semoga niat baik kita semua diterima Allah SWT. Kerjasama ini semoga membawa kemanfaatan dan kemaslahatan umat umumnya masyarakat Sindurejo dan Pondok Jabal Rohmah pada khususnya”, jelas Nur Wasis.

Sambutan dilanjut dari pihak Fakultas Agama Islam yaitu Drs. H. Anwar Sa`dullah selaku Dekan FAI, dalam sambutannya mengapresiasi dan terima kasihnya kepada masyarakat Sindurejo. “terima kasih atas sambutannya yang luar biasa demi susksesnya acara bakti sosial pengobatan gratis dan pengajian umum.” kata Anwar mengawali sambutannya ke warga.

“Kegiatan baksos dilakukan di disini bukan di sengaja tapi karena kehendak Allah, Kyai Muhammad Alwi selaku pengasuh Pondok Pesantren Jabal Rohmah prihatin dengan seringkalinya pengobatan gratis yang dilakukan oleh non muslim, padahal yang berobat adalah dari kaum muslim. Oleh karenanya beliau berdoa kepada Allah suatu saat ada pengobatan gratis di Pondok ini, dan Alhamdulillah pada hari ini Allah mengkabulkan” ucap Dekan FAI.

Lebih lanjut Drs. H. Anwar Sa`dullah juga memperkenalkan kepada masyarakat tentang program studi yang ada di Fakultas Agama Islam UNISMA, “Di FAI ada program studi Pendidikan Islam (PAI), Akhwalus Syahsiyah (AS), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Radhatul Athfal (PGRA)” terang Dekan FAI.

Mengakhiri sambutannya Pak Dekan berpesan kepada santri PP. Jabal Rohmah agar menjadi santri yang alim. “Saya teringat pesan Gus Maksum, jadi santri harus harus alim, sakti, atau kaya, kalau tidak itu semua pulang kerumah terus nikah dan membuat anak yang banyak lalu jadikan santri semua” disambut tawa para jama’ah.

Setelah sambutan-sambutan, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang Pengabdian Masyarakat dan pengembangan SDM antara FAI UNISMA dengan PP. Jabal Rohmah. Selanjutnya, secara simbolis penyerahan Dana Bantuan berupa bahan bangunan senilai Rp. 10.000.000 untuk pembangunan Pondok.

Acara selanjutnya yaitu Pengajian Umum yang di sampaikan Drs. KH. Fathurrahman Alfa, M.Ag, Dosen FAI sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al Amin Sarang Jawa Tengah. Dalam mauidhoh hasanahnya beliau mengingatkan kepada warga Sindurejo agar selalu rendah hati, andap asor atau tawadhu`. “Semoga di pengajian ini kita bisa Meningkatkan sikap rendah hati, tawadhu`, dan andap ansor harus ada isi. Maksudnya isi yaitu ketika kita sholat menghadap Allah, hanya Alllah yang Maha Besar tidak ada yang lain. Tidak bupati, presiden atau pak camat. Pakaian gelar, atau jabatan tidak menentukan sikap keimanan kepada Allah.” Terang Gus Fat -sapaan beliau- kepada jamaah yang hadir dalam pengajian umum.

andap asor melahirkan sikap taat kita kepada Allah. Dalam Al Quran 2:249 dijelaskan Kam min fiatin qalilatin ghalabat fiatan katsirotan bi idznillahkatsirotan biidznillah (Berapa banyak golongan yang sedikit mampu mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah) caranya gimana, harus punya kwalitas tinggi, yaitu orang sholeh, ngaji tidak bisa tapi bisa mengalahkan orang lain. Sederhana” Lanjut Kyai Pimpinan Pondok Pesantren Al Amin Sarang Rembang Jawa Tengah itu.

Gus Fat menceritakan tentang kesholehan Uwais Al Qorni. Seorang hidup sezaman dengan Nabi Muhammad tapi tidak pernah bertemu. Bersih, ikhlas, dekat kepada Allah, tidak dikenal di bumi tapi di kenal di kalangan langit sebab sikap cintanya kepada ibu yang rela menggendong Yaman menuju Makkah.” Sambung Gus Fat.

Pengajian Umum ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Kyai Muhammad Alwi selaku Pengasuh Pondok Pesantren Jabal Rohmah Ds. Sindurejo Kec. Gedangan Kab. Malang. (Red: Yoyok)

NB: Dokumentasi kegiatan dapat dilihat di galeri website, atau klik link DISINI