Informasi

Pembekalan Mahasiswa PPL FAI

Senin, 31 Juli 2017 - 09:50 WIB
Diposting oleh: Mohammad Mustofa - Kategori: Fakultas

Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang hari ini Sabtu, 29 Juli 2017 menyelenggarakan Pembekalan PPL kepada 230 mahasiswa yang terdiri dari Prodi. PAI dan AS (Syari`ah) yang akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Malang Bapak Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengambil tema "Pembekalan PPL dan Penguatan Kerjasama FAI Bersama Lembaga Mitra", juga ditandai dengan adanya nota kesepahaman (MoU) antara Fakultas Agama Islam dengan Lembaga Mitra. Pada periode kali ini ada 30 Madrasah/Sekolah yang dijadikan tempat PPLK serta 5 KUA/Pengadilan Agama se-Malang Raya untuk PPLHI. Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih satu setengah bulan mulai 1 Agustus hingga 15 September 2017.

Kegiatan PPLK ini merupakan salah satu program di FAI yang dilaksanakan dalam bentuk praktik pembelajaran dan tugas-tugas lain secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi Guru. Kegiatan PPL ini dilakukan untuk menyiapkan calon guru yang berkompeten. Ada empat kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
Sedangkan untuk PPLHI ini sejatinya merupakan ikhtiar dari Prodi untuk memperkuat wawasan teoritis mahasiswa di bidang Hukum Islam melalui strategi pengenalan pada domain kerja (kompetensi profesional) yang harus dimiliki oleh lulusan dalam hal implementasi administrasi di KUA dan Teknis Administratif Yudisial pada Kantor Pengadilan Agama.

Tahun ini, Lembaga Mitra di Malang Raya di antaranya MAN Kota Batu, MA Al-Ma`arif Singosari, SMA An-Nur 2, SMA Al-Ma`arif Singosari, MTs Nurul Huda, MTs Darun Najah Karangploso dan sejumlah sekolah/Madrasah lainnya di Malang raya. Adapun tempat untuk PPLHI diantaranya Kantor Pengadilan Agama Kota Malang, KUA Kec. Sukun, KUA Kec. Lowokwaru dan KUA yang ada di Kec. Dau dan Kec. Karangploso.

Selain kegiatan Pembekalan yang diperuntukkan untuk Mahasiswa, juga dilakukan pertemuan antara Kepala Sekolah/Waka. Bid. Akademik dari masing-masing tempat Praktikan yang dilakukan di Ruang Pertemuan Kantor FAI Unisma. Pertemuan ini sebagai Penguatan Kerjasama Fakultas Agama Islam dengan Lembaga Mitra, selain untuk menindaklanjuti Nota Kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Mitra, juga saling mendekatkan diri dan mempererat tali silaturrahim serta saling sharing demi kemajuan dan kelancaran dalam program PPL FAI dan untuk pengembangan dan peningkatan pembelajaran di Lembaga Mitra.

Dokumentasi pelaksanaan Pembekalan PPL FAI dapat dilihat pada Galery Foto berikut ini. KLIK DISINI